Gempa Tektonik 6,4 SR Guncang Kabupaten Garut Jawa Barat Terasa di Banten

Adm

Jawa Barat, Banten Times – Gempa Tektonik berkekuatan 6,4 SR Kembali mengguncang wilayah Jawa Barat, Sabtu, (3/11/2022) sekitar pukul 16.49 WIB, kali ini gempa tersebut terjadi di bagian selatan tepatnya di Kabupaten Garut.

Namun gempa pun dirasakan oleh warga Banten. Warga Banten pun menduga asal gempa dari Daerah Sumur Kabupaten Pandeglang Banten.

“Gempa sempat terasa walaupun kecil, saya kira dari daerah Sumur, ternyata setelah lihat info BMKG, asal gempa dari Garut,” ujar Ardi.

Dari Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,44° LS ; 107,51° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Mekarmukti, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 109 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia (intraslab).

Adapaun Gempa bumi susulan hingga pukul 17.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Untuk masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutupnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *